Buah alpukat yang berukuran besar dan berdaging tebal memang di pasaran relatif lebih mahal, maka dari itulah tidak sedikit orang yang berinisiatif menanam sendiri pohon alpukat. Akan tetapi yang di sayangkan penantian akan lezatnya daging alpukat harus tertunda sebab tidak sedikit yang tidaktahu cara merawat pohon alpukat supaya cepat berbuah, padahal untuk menghasilkan pohon alpukat berbuah lebat tidak dibutuhkan teknik yang rumit. Untuk itu, bagi anda yang ingin menikmati buah alpukat dari kebun sendiri, berikut tips dan cara pemeliharaan apokat ala desa Betak di lahan kering agar cepat berbuah.

  1. Penyiraman

Penyiraman yang teratur bisa membantu pohon alpukat menyerap unsur hara yang terdapat di Tanah untuk kebutuhan pertumbuhan pohon. Untuk itu, siramlah pohon Alpukat minimal 1 kali sehari dipagi atau sore hari. Selain itu, intensitas penyiraman juga bisa dilakukan bila terjadi musim kemarau berkepanjangan dan sebaliknya bila musim penghujan telah tiba maka tidak perlu melakukan penyiraman.

  1. Penyiangan

Lakukan penyiangan atau pembersihan lahan dari tanaman gulma secarateratur. Seba gulma atau tanaman pengganggu yang hidup di sekitar pohon alupukat bisa membawa bibit penyakit serta merebut unsur hara dan nutrisi dari Tanah yang seharusnya diserap sepenuhnya oleh pohon alpukat.

  1. Pemupukan

Berikanlah pupuk sesuai dengan perkembangan tumbuhan. Pada tahap persiapan awal penanaman pohon alpukat ada baiknya dicampurkan di media tanam dengan pupuk kompos atau pupuk kandang.

  1. Pemangkasan

Alangkah lebih baik pemangkasan ujung pohon atau ranting pohon yang tidak berguna dilakukan supaya konsentrasi makanan tidak tersebar untuk pertumbuhan daun atau tunas baru melainkan untuk pembentukan buah. Usai pemangkasan, jangan lupa berikan fungisida pada ujung batang yang dipangkas supaya jamur tidak masuk dan tidak mengundang bibit penyakit.

  1. Pemberian hormon

Pemberian hormone juga perlu dilakukan selain pemupukan. Hal ini bertujuan untuk merangsang munculnya bunga yang akan menghasilkan buah pada pohon alpukat.

  1. Penggemburan tanah

Tanah yang kerap mendapat siraman baik secara langsung dari air hujan, maupun rutin dari manusia dapat menjadi padat dan keras, hal ini akan mengakibatkan udara sulit menembus Tanah padahal udara adalah salah satu unsur penting bagi pertumbuhan makhluk hidup. Hati-hati ketika Anda melakukan penggemburan Tanah agar tidak melukai akar dan menjadi jalan masuknya bibit penyakit.

  1. Pemusnahan hama penyakit

Hama penyakit membuat pohon alpukat mengalami kegagalan pertumbuhan dan mengakibatkan pohon tidak bisa menghasilkan buah. Segera lakukan tindakan pemusnahan hama penyakit  dengan menyemprotkan pestisida jika Anda menemukan tanda-tanda pohon alpukat Anda terserang penyakit.

Itulah beberapa tips dan cara pemeliharaan apokat ala desa Betak di lahan kering agar cepat berbuah

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?